Akulah Si Sophis!

Minggu, 26 Desember 2010

Ditilang? Baca Petunjuk Ini!

Siapa, sih yang mau kena tilang? Dengan tegas saya jawab TIDAK! Ahaha, kecuali kalau Anda memang kepengen nyoba-nyoba, yah, silahkan atuh!

Gara-gara pengalaman kena tilang, saya jadi punya tips khusus, nih terutama bagi para reporter yang lagi buru-buru liputan eh kena tilang.

Ini, dia tipsnya:

Kalungin Id pers saat menuju tempat liputan

Begitu polisi mengeluarkan sinyal-sinyal penting untuk menilang, kita harus segera memakai id pers. Hehe, ini penting, buat backupan sementara, lho. Jangan langsung sebut nama media kita. Tunggu polisi bertanya, "Mau ke mana?" kita jawab, "Maaf, Pak mau liputan, saya dari XXXXX buru-buru, nih, pak."

Perhatiin, deh, pasti mata si polisi langsung menuju ke id pers dan mukanya sedikit berubah. Hihihi.

Mengaku salah, katakan MAAF!

Hmm, ingat, yah, katakan MAAF sambil tersenyum lebar jika memang kita sebagai pengemudi salah! Keep cool! Santai, jangan emosi! Polisi paling enggak suka kalau kita langsung nyolot.

Biasanya, kalau polisi ini ketakutan dia akan langsung membiarkan kita pergi. Tapi, sebelumnya tentu dia akan membentak-bentak dan mengomeli kita. Cuekin ajah! Itu cuma gertak sambel!

Hmm, kalau ini polisi tetep minta duit, ikutin lagi tips berikutnya!

Sembunyikan uang di dompet

Nah, kalau polisi itu mengajak kita turun dari mobil, segera KOSONGKAN duit Anda! Sisakanlah sebanyak yang Anda mau. Cukup 20 atau 50 ribu misalnya. Jangan terlalu sedikit juga, ketahuan rekayasa, dong.

Mengosongkan duit berguna jika kita kalah bernegosiasi kemudian Pak Polisi minta 'pesangon'. Nah, kita bisa berdalih, "Maaf pak, saya cuma punya uang segini!" Hehehe...Pasanglah muka memelas seperti orang meminta-minta.

Bersandiwara seperti pemain Teater

Nah, buat Anda yang bepergian dengan keluarga bukan tugas liputan terus kena tilang, saran saya, pandai-pandai berakting. Seperti pengalaman teman saya, kalau Anda diajak turun ke mobil berpura-puralah Anda menjadi supir yang sedang membawa majikan bertamasya. Hehehe... Bilang juga belum gajian, majikan pelit!

Mudah-mudahan bisa dapet diskonan denda tilang seperti yang dialami adik teman saya.

Masih belum ampuh juga? Saran saya selanjutnya, enggak usah nyetir sendiri, deh! Pake angkot saja, hahaha... Selamat mencoba

by: Annisa Sophis, Miss Anchor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar