Akulah Si Sophis!

Selasa, 28 Agustus 2012

It's About My Lovely Grandma

Pernah enggak kalian merasakan, kalau seorang nenek itu jadi tempat buat pembelaan cucunya? Terutama untuk berlindung saat melakukan kesalahan dan harus kena omelan dari orang tua?

Saya orang pertama yang akan bilang YES!!! That's Right! Betapa indahnya, dunia dengan adanya nenek atau biasa yang saya panggil dengan sebutan mbah uti.

Gara-gara sepenggal pembicaraan dengan teman kantor saya yang selalu mengeluhkan keberadaan neneknya, saya langsung menjadi orang pertama yang melawan jika nenek itu annoying...Hohoho

She is cool! She is the best friend I've ever had! She is My Grandma

Saya heran, setiap kali mendengar cerita tentang nenek dari teman kantor ini, hampir tidak ada yang menyenangkan. Entah, itu dia cerita neneknya suka mengadu atau suka berkhutbah seperti ustazah, yah intinya enggak bersahabat dengan sifat anak muda seumuran kami. *hehehe iyah kami masih muda, lho*

Pertama-tama, sih, saya dengar, neneknya teman saya itu suka komentar tentang busana. Teman saya suka banget pake jins yang jahitannya ngasal alias robek-robek. Yah, namanya juga anak muda!

Tahu, kan, jins bolong-bolong? Tapi, menurut saya jinsnya yang dia dikenakan buat ngantor masih dalam tahap yang wajar. Nah, tapi ini justru menjadi masalah buat neneknya.

Saat dia mau pamit pergi kantor, tiba-tiba saja neneknya, berceloteh sambil komat-kamit membaca bahasa arab, "Astagfiruloh, nduuuk, itu aurat, aurat! Dosa, nduk!" Hahaha, teman saya langsung kabur secepat kilat.

Hmm, wajar, sih, kalau nenek-nenek begitu! Ya, kalau enggak begitu, mah, belum nenek-nenek. Ada lagi, nih, cerita lucu. Saat ingin mengunjungi adeknya di pesantren, teman saya pakai jilbab. Nah, begitu keluar kamar dengan pakaian muslimah, neneknya langsung ngelihat dan terpana.

Dengan ekspresi lebay, mata berkaca-kaca, si neneknya ituu langsung teriak bak orang kena kebakaran! "Ya, ALLAH, Ya ALLAH, ya ALLAAAAAAAAAAAH SUBHANALLAH! Cantiknya! Gitu dong, dipake jilbabnya," begitulah reaksi neneknya.

Bagaimana dengan ekspresi teman saya? Hahhaha, dia maluuu, katanya lebaaay! Lagi-lagi dia ngibrit dari neneknya menghindari ekspresi lebay yang selanjutnya. Nenek dan cucu yang kocak!

Saking seringnya teman saya curhat tentang neneknya, saya jadi terinspirasi membagi cerita indah bersama mbah uti untuknya. Saya meyakinkan dia kalau hubungan cucu dan nenek itu mengasyikkan, seperti teman saja.

Dulu, waktu SD, saat liburan sekolah, saya selalu minta liburan ke Magelang, tempat di mana nenek saya tinggal. Biasanya, bapak atau bahkan nenek saya yang menjemput di Jakarta setelah itu kita sama-sama naek kereta malam menuju Yogyakarta. Ah, senangnya!

Kata mbah uti, saya itu kalau di kereta enggak mau berhenti ngomong. Saya selalu menirukan suara kereta api sepanjang perjalanan sampai ngantuk sendiri. "Mbah, mbah keretanya bunyinya kenceng, tut tut gu jes gu jessss," begitu celotehan saya mengiringi perjalanan kereta.

Nah, kalau sudah di Magelang, saya selalu ikut kemanapun nenek pergi. Pagi-pagi, saya suka diajak ke pasar tradisional. Beuh, kalau sekarang, mana mau!!! Hahhaha.Soalnya kalau saya ikut, si Mbah suka beliin jajanan pasar yang ciamik. Ini, nih, yang saya incar!

Menjelang sore, saya diajak pergi lagi, ikut pengajian. Entah kenapa, saya selalu suka diajak kemana-mana. Tapi lagi-lagi, sih, karena dapat makanan kecil juga, hahahaha. Kayaknya itu cara ampuh buat menaklukkan hati anak-anak seusia saya di waktu itu.

Kedekatan saya dengan nenek itu memang kuat! Saya sayang banget sama si mbah. Kalau liburan pun rasanya enggak pengen pisah. Selalu saja saya tanya,"Mbah, kapan ke Jakarta?" Nah kalau si mbah lagi di Jakarta, pasti saya juga akan nanya balik," Mbah, lama kan di Jakarta? Pulangnya kapan? Sebulan? Dua Bulan? Lebih, kan?"

Si mbah ini juga mnejadi tempat berlindung saat saya kena omelan dari Ibu, hehehe. Ehmm, mbah uti enggak ngebelain, sih, apalagi kalau saya salah, paling dia bakal nenangin saya aja. Itu saja sudah cukup buat saya.

Walaupun kelihatannya hubungan kami dekat, bukan berarti mbah uti enggak pernah marah sama saya. Saya pernah dicuekin gara-gara enggak mau makan. Pernah juga diomein gara-gara ketahuan enggak solat alias pura-pura nge-gelar mukena biar berasa abis salat. Hahaha...

Yang paling lucu saat saya disuruh tidur siang! Hmm, anak kecil pasti susah disuruh tidur siang maunya main. Nah, itulah saya. Saat itu akal licik saya mulai bermain. Saya minta tidur di kamar Ibu yang paling depan. Setelah si Mbah meninggalkan kamar, saya mulai bangun, mengendap-ngendap dan mengatur strategi.

Aha!!! Pas banget jendela kamar ibu saya enggak ada teralis dan saya atur antara bantal dan guling supaya terlihat seolah-olah saya lagi tidur pules. Wekekekek. Hup!!! Saya keluar dari jendela dan main ke rumah teman. Ahahaha, puass!!! Di sana teman-teman saya sudah menunggu dengan senyum manis dan wajah yang cerah.

Tapi balik-balik saya dihukum hahahaha dan si mbah ngadu ke Ibu. Malang sekali nasib saya!

Beranjak remaja dan dewasa, saya semakin jarang pulang kampung. Sudah enggak dijemput lagi. Liburan lebih banyak di rumah. Tapi, si Mbah suka ke Jakarta karena diminta Ibu untuk mengawasi tukang-tukang bangunan yang lagi bangun rumah.

Wah, senang sekali bisa ketemu mbah lagi. Sayangnya, si mbah yang kulihat memang sudah tak seenerjik dulu. Tapi, dia tetap bersemangat. Enggak pernah bisa diam.

Sampai suatu malam, sekitar jam 3 pagi, saya bangun buat mengerjakan tugas sekolah. Tiba-tiba saja nenek saya bangun dan salat malam. Selesai shalat, dia langsung mengantarkan segelas susu hangat ke meja belajar saya. Ah, lovely grandma! Saya terharu!!! Duh, cinta banget, deh sama si Mbah.

Habis ngasih segelas susu itu, dia cerita panjang lebar soal kehidupan. Kalau begini, karakter nenek-neneknya keluar, deh! Segala pesan agama, ibadah, semuanya dikeluarin buat masa depan! Si mbah memang cerewat banget, soal agama. Sama, kan seperti neneknya teman saya?

Tanpa disadari, kedekatan saya dengan mbah uti ini lebih jauh dibandingkan dengan ibu saya. Walaupun semakin jarang bertemu, tapi saya suka telpon-telponan di pagi hari abis shubuh. Dulu, telpon di pagi hari itu murah makanya dibela-belain bangun pagi.

Masa remaja di mana masa labil lagi gede-gedenya, saya sering berantem sama Ibu. Sampai suatu hari memuncak rasa kesal saya!

Waktu SMA, cowo yang suka sama saya main ke rumah dengan alasan mengerjakan PR Matematika (hahahaha modus banget, yak, tapi ini beneran belajar, kok). Saat itu ada Asisten Rumah Tangga (ART) di rumah. Sayangnya, hujan deras, dia harus jemput adik saya di sekolah sore-sore.

Beuh, otomatis saya tinggal berdua, dong! Nah, tahu-tahu, ibu bapak saya udah sampai rumah! Duh, saya deg-degan, cowo itu juga deg-degan. Takut kena omel! Soalnya si ART sama adek saya belum sampai di rumah. Akhirnya, si cowo ini buru-buru pamit pulang. Nah, enggak lama, adek saya dan ART baru sampai.

Wah, saya kena omel habis-habisan oleh Ibu dan bapak. Gileee, saya enggak dikasih kesempatan buat ngejelasin! Mereka nyangkanya saya ngapa-ngapain. Duh, ya Allah masih abg juga itu. Sejak kejadian itu, saya ngomong seperlunya dengan Ibu.

Kesel dan gondok rasanya! Sampai akhirnya, saya ingat punya mbah yang biasa saya curhatin! Huaaa, langsung, setelah ibu berangkat kantor saya telpon mbah sambil nangis-nangis. Seperti biasa, mbah selalu bisa menenangkan. Saya jelasin kalau saya enggak ngapa-ngapain cuma ngerjain PR. Hmm, tapi emang dasar nenek-nenek, di tengah saya curhat, dia malah nanya, "Tapi, temen kamu baikkan? Salatnya rajin, kan?" Hiyaaaa gedubraak teteeeeep, yah, si mbah...

Hehehe singkat kata, masalah saya selesai. Esok harinya, saya lihat Ibu saya ditelpon sambil bicara berbisik-bisik. Hahaha, itu pasti mbah saya yang turun tangan! Yeaaaah! Mbah uti memang paling top ceeer!!!

Lebaran tahun ini, saya enggak pulang kampung dan enggak bisa nengok si Mbah. Saya kirim doa buat Mbah, yah... Semoga Mbah tenang di sisi ALLAH SWT. Kangen banget, nih, mbah. Apalagi di tengah usia yang rapuh ini sepertinya butuh mbah buat curhat...hiks...hiksss. Cucumu ini benar-benar kepengen ketemu, kangen nasehat dan petuah dari mu. Kangen ada yang bikinin susu lagi saat kerja tengah malem.

Lima tahun sudah, mbah pergi, rasanya sepi. Semoga Mbah bahagia, yah, di sana. I lope you full...My Grandma.





3 komentar:

  1. Ah once, jadi kangen eyangkuuu.. kalo dia yang paling inget ultah semua cucu & anak2nya sama doyannya nyeritain kisah perjuangan jaman belanda dulu.. hehehe.. lucunya ya merekaa :D

    BalasHapus
  2. jadi kangen sm eyang uti juga nis... :(

    BalasHapus
  3. eh ada si awe!!! punya blog juga lo???
    Makasi yaa @dista sudah berkomentar di blogku tercinta hehehehe

    BalasHapus